Rahayu, Sry (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103332027 COVER.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4103131072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
4103131072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103131072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103131072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4103131072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103131072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4103131072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103131072 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
4103131072 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103131072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 15 Medan yang berjumlah 10 kelas dan setiap kelas rata-rata terdiri dari 38 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan media peta konsep memberikan hasil yang lebih tinggi (82,50 + 6,63), daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep (75,83 + 6,92). Peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan media peta konsep memberikan hasil yang lebih tinggi yakni sebesar 75,20% daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep yakni sebesar 64,20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Rah p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; kooperatif tipe team quiz; direct instruction; media pembelajaran; reduksi dan oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11268 |