Ramadan, Fadli (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL STAD DAN QUIZ TEAM DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI POKOK KOLOID DI KELAS XI SMAN 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431012 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409431012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
409431012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
409431012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409431012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409431012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409431012 DAFTAR GMABAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409431012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409431012 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
409431012 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409431012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas XI IA 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IA 5 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 22 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan media powerpoint dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan media powerpoint. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 26,3 ± 11,62 dan nilai rata-rata postest adalah 76,5 ± 8,82 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 38,5 ± 7,07 dan nilai rata-rata postest adalah 85,6 ± 6,133. Nilai rerata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,678 dan nilai rerata gain untuk kelas eksperimen II dalah 0,758. Uji normalitas pretest kelas eksperimen I diperoleh x2 hitung = 9,67 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ2 = 8,655 dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen II diperoleh dan χ 2 hitung = 5,055 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ 2 hitung = 6,909 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,635 dan Ftabel = 1,776, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,070 dan Ftabel = 1,776, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= -4,523 dan ttabel = 1,980, sehingga thitung berada didaerah kritis t < - 1,980 dan t > 1,980 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan menggunakan media powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Ram p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; pembelajaran aktif; media pembelaajran; materi ajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11256 |