Simangunsong, Jelita Christianti (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) terhadap peningkatan hasil belajar kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 siswa dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang diberi pengajaran penerapan media e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan kelas eksperimen II yang diberi pengajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tanpa e-learning berbasis weblog. Berdasarkan hasil pretest dan postest yang telah dilakukan dalam penelitian, persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 75,300% dan kelas eksperimen II sebesar 66,800%. Berdasarkan analisa pengujian hipotesis peningkatan (gain) hasil belajar siswa diperoleh perhitungan, harga thitung = 4,627 kemudian dikonsultasikan pada Daerah kritis : t > -t ½α dan t > t ½α ; t > -t (0,025) (78) dan t > t (0,025) (78) ; t > - 1,994 dan t > 1,994 sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak yang berarti Ada pengaruh yang signifikan penerapan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) terhadap peningkatan hasil belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Sim p |
Keywords: | belajar kimia; media pembelajaran; pembelajaran e-learning; pembelajaran elektronik; weblog; model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11252 |