PENGARUH PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Simangunsong, Jelita Christianti (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB V.pdf]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 12. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) terhadap peningkatan hasil belajar kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 siswa dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang diberi pengajaran penerapan media e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan kelas eksperimen II yang diberi pengajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tanpa e-learning berbasis weblog. Berdasarkan hasil pretest dan postest yang telah dilakukan dalam penelitian, persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 75,300% dan kelas eksperimen II sebesar 66,800%. Berdasarkan analisa pengujian hipotesis peningkatan (gain) hasil belajar siswa diperoleh perhitungan, harga thitung = 4,627 kemudian dikonsultasikan pada Daerah kritis : t > -t ½α dan t > t ½α ; t > -t (0,025) (78) dan t > t (0,025) (78) ; t > - 1,994 dan t > 1,994 sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak yang berarti Ada pengaruh yang signifikan penerapan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) terhadap peningkatan hasil belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.345 071 2 Sim p
Keywords: belajar kimia; media pembelajaran; pembelajaran e-learning; pembelajaran elektronik; weblog; model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 10 Oct 2016 05:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item
View Item