HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA SE-KABUPATEN PAK PAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Berutu, Elfrida L. (2013) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA SE-KABUPATEN PAK PAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409341015 COVER.pdf]
Preview
Text
409341015 COVER.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409341015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409341015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
409341015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409341015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409341015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 409341 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409341 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 BAB I.pdf]
Preview
Text
409341015 BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 40934 015 BAB V.pdf]
Preview
Text
40934 015 BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 409341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Se-Kabupaten Pak Pak Bharat Tahun Pembelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Se-Kabupaten Pak Pak Bharat yang terdiri dari 20 kelas dengan jumlah siswa 614 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, satu kelas mewakili satu sekolah. Kelas X5 mewakili SMA N 1 Salak sebanyak 29 orang, kelas X1 mewakili SMA N 1 Tinada Sebanyak 32 orang, kelas X3 mewakili SMA N 1 Kerajaan 25 orang, kelas X1 mewakili SMA N 1 Singgabur sebanyak 20 orang dan kelas X4 mewakili SMA N 1 Sigunung sebanyak 32 orang.Dari analisi data yang telah dilakukan, di SMA Se-Kabupaten Pak Pak Bharat diperoleh nilai fasilitas belajar melalui angket (X) berbanding lurus dengan hasil belajar siswa (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi rxy berturut-turut, SMA N 1 Salak rxy = 0,53, SMA N 1 Tinada rxy = 0,52, SMA N 1 Kerajaan rxy = 0,51, SMA N 1 Singgabur rxy = 0,54, SMA N 1 Sigunung rxy = 0,55 semua nilai r dikategorikan sedang. Hal ini didukung juga dengan perhitungan uji hipotesis dengan persyaratan t.hitung > t.tabel diperoleh, SMA N 1 Salak nilai t. Hitung = 3,24 > t. Tabel = 1,70, SMA N 1 Tinada t. Hitung = 3,39 > t. Tabel =1,70, SMA N 1 Kerajaan t. Hitung = 3,18 > t. Tabel = 1,71, SMA N 1 Singgabur t. Hitung = 3,62 > t. Tabel = 1,72, SMA N 1 Sigunung t. Hitung = 2,52 > t. Tabel = 1,70 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan sekaligus hipotesis alternatif diterima. Dari analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Se-Kabupaten Pak Pak Bharat Tahun Pembelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 574.071 2 Ber h
Keywords: belajar; hasil belajar; fasilitas belajar; indikator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item
View Item