Delvira, Putri (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENTS DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141074 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
409141074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
409141074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
409141074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
409141074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409141074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6MB)
409141074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409141074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409141074 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
409141074 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409141074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan model pembelajaran Jigsaw dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada sub materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 120 siswa dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa. Dimana kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Jigsaw dengan jumlah 40 orang dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jumlah 40 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 80 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Jigsaw sebesar 80,6 dengan SD 11,74 sedangkan untuk kelas Student Teams Achievement Division (STAD) sebesar 74,63 dengan SD 12,40. Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Student Teams Achievement Division (STAD) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (2,24 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Student Teams Achievment Division (STAD) pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160.71 Del p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; jigsaw; STAD; model pembelajaran;sistem reproduksi manusia; alat kelamin; gamet; siklus menstruasi; fertilisasi dan kehamilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11244 |