Hasibuan, Siti Niardani (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DANNUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERIPOKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMANEGERI 1 TELUK MENGKUDU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Numbered Heads Together pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Masing-masing berjumlah 40 siswa sehingga total sampel 80 siswa. Pada kelas X 1 dilakukan dengan model pembelajaran Make A Match dan pada kelas X 2 dilakukan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together. untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Make A Match diperoleh nilai 40,2 dan nilai rata-rata pre tes kelas Numbered Heads Together diperoleh nilai 36,3. Sehingga nilai pre tes kedua kelas tersebut relatif berbeda bahkan bias dikatakan tidak sama. Sedangkan nilai post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada materi pokok Ekosistem diperoleh nilai rata-rata 77,7 dengan standar deviasi 9,58 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together diperoleh nilai rata-rata 63,7 dengan standar deviasi 8,32. Dengan demikian hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 78 dengan taraf α =0,05 diperoleh 6,97 sedangkan ttabel pada dk = 78 dan taraf α = 0,05 diperoleh 1,667. Oleh karena itu thitung> ttabel, maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Numbered Heads Togeher pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan taraf kepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Has p |
Keywords: | Proses belajar mengajar;Hasil belajar;Pembelajaran kooperatif;Kooperatif MAN;Koperasi NHT;Ekosistem;Dinamika Ekosistim |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11210 |