Lubis, Nikmah Hartati (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE MAKE A MATCH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341033 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409341033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409341033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409341033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409341033 DAFTAR ISI..pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409341033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409341033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409341033 BA I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
409341033 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Macth dan model pembelajaran Konvensional pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA SwastaAl-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan, yang terdiri dari 3 kelas. Jumlah siswa seluruhnya114 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel acak pada 2 kelas yaitu kelas X1 dan X2 yang masing-masing kelas berjumlah 38 orang. Kelas X1 sebagai kelas Make a Macth dan kelas X2 sebagai kelas Konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make a Macth dan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Make a Macth sebesar 86,1 dengan standart deviasi 7,49, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Konvensional sebesar 80,1 dengan standart deviasi 6,24. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thitung 3,973 > ttabel 1,995 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Konvensional pada materi pencemaran lingkungan Kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Lun p |
Keywords: | Belajar dan Pembelajaran;Model Pembelajaran; Model Pembelajaran Kooperatif;Langkah-langkah;Pembelajaran Konvensional;Pembelajaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11202 |