Pasaribu, Francisca (2013) KAJIAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ALAT INDERA MANUSIA MENERAPKAN METODE PRAKTIKUN BERBASISI LATIHAN INKUIRI DE KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141028 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
409141028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409141028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409141028 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
409141028 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409141028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan proses sains siswa dengan pelaksanaan praktikum berbasis latihan inkuiri pada pembelajaran sistem indera manusia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 220 orang. Sampel penelitian ini adalah 1 kelas yang ditentukan secara acak dengan jumlah siswa 30 orang yaitu XI IPA 5.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda, lembar kerja siswa untuk menilai kemampuan proses sains siswa, dan lembar observasi untuk menilai aktivitas siswaDari hasil analisis data yang diperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai dengan persentase 93,33%. Tingkat pemahaman materi siswa secara klasikal telah tercapai dengan persentase 78,93% dengan kategori sedang. Dari hasil pengerjaan wacana siswa dan LKS diperoleh nilai kemampuan proses sains siswa setiap pertemuan yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata klasikal kemampuan proses siswa untuk pertemuan I adalah 50, pertemuan II adalah 75,8. Dan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan untuk aktivitas siswa setiap pertemuan juga mengalami peningkatan yaitu pertemuan I nilai rata-rata klasikal aktivitas siswa adalah 64,89, pertemuan II adalah 83,11.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Pas p |
Keywords: | Pembelajaran;Latihan Inkuiri; Hasil Belajar;Aktivitas Belajar; Alat Indera manusia; Indera Penglihatan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11188 |