Salamah, Ummi (2013) PETRBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD PADA MATERI POKOK VRUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA IPA SWASTA NUR IHSAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244420046 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071244420046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
071244420046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071244420046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071244420046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071244420046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244420046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071244420046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244420046 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
071244420046 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071244420046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD pada materi pokok Virus di Kelas X IPA Swasta Nur Ihsan tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Nur Ihsan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian diambil secara total sampling (sampel total) yang berjumlah 40 siswa. Dimana kelas X IPA 1 sebagai kelas yang diberi pembelajaran dengan model pembelajran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X IPA 2 sebagai kelas yang diberi pembelajaran secara STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok Virus. Dimana nilai rata-rata pretes siswa kelas Jigsaw 34,80 dan setelah di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw nilai rata-rata hasil belajar Biologi siswa lebih tinggi, dengan nilai rata-rata postes 76,20, sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas STAD 33,60 dan setelah di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD nilai rata-rata postes 64,60. Adanya perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar biologi siswa dengan kooperatif tipe STAD juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (4,51 > 1,96), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biolgi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Materi Pokok Virus di Kelas X IPA SMA Swasta Nur Ihsan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 1 Sal p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw;STAD;Virus;Tubuh;Repereduksi Virus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11180 |