Hakim S., Abdul (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN KONVENSIONAL PADA MATERI ZAT DAN WUJUDNYA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 3 (2). ISSN 2085-5281
Perbedaan hasil belajar siswa dengan problem based instruction dan konvensional pada materi zat dan wujudnya di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Based Instruction dan Konvensional pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester I yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, pembelajaran berbasis masalah di kelas VII-2 dan pembelajaran konvensional di kelas VII-1 yang jumlahnya masing-masing 38 orang. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 43,86 dengan standar deviasi 15,07 dan rata-rata postes 71,57 dengan standar deviasi 14,34 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 43,68 dengan standar deviasi 14 dan rata-rata postes 61,93 dengan standar deviasi 17,80. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh = 2,50 dan ttabel = 1,995 sehingga thitung > ttabel (2,50 > 1,995) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dan model pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Problem Based Learning; Model yang Konvensional |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 03:27 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1118 |