PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTS MIN DARUSSALAM BANDAR SETIA

Hakim S., Abdul (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTS MIN DARUSSALAM BANDAR SETIA. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 3 (1). ISSN 2085-5281

[thumbnail of Perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan konvensional pada materi pokok getaran dan gelombang KELAS VIII MTS Min Darussalam Bandar Setia.pdf]
Preview
Text
Perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan konvensional pada materi pokok getaran dan gelombang KELAS VIII MTS Min Darussalam Bandar Setia.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Konvensional pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang MTs Amin Darussalam Bandar Setia T.P 2009/2010. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 4,013 dengan standart deviasi 1,035 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 3,988 dengan standart deviasi 1,190. Data pretest digunakan untuk uji homogen, yang berarti awal kedua kelas sama, kemudian diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Pembelajaran Konvensional untuk kelas kontrol. Setelah selesai perlakuan selanjutnya diberi postes. Hasil postes diperoleh nilai rata-rata untuk model pembelajaran tipe STAD 7,081 dengan standar deviasi 1,134 dan untuk Pembelajaran Konvensional diperoleh nilai rata-rata 6,163 dengan standar deviasi 1,303. Dari hasil uji t untuk α = 0,05 dengan dk = 78 diperoleh thitung = 3,203 dan ttabel = 1,994 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Pembelajaran yang Konvensional
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:20
Last Modified: 29 Apr 2019 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item
View Item