Sitorus, Melisya (2013) IMPLEMENTASI MODEL PAKEM DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DIBANDINGKAN DENGAN MEDIA MOLYMODDALAM UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131049 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409131049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
409131049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409131049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409131049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409131049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409131049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409131049 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
409131049 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
409131049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rasa tanggung jawab siswa dan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PAKEM dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan menggunakan model PAKEM dengan media molymod pada pokok bahasan hidrokarbon dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.A 2012/2013. Pengambilan data untuk rasa tanggung jawab siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 22 soal dan reliabel (0,831).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rasa tanggung jawab siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan model PAKEM dengan media molymod (Sig 0,000 < 0,05), terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan model PAKEM dengan media molymod (Sig 0,000 < 0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara rasa tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer (Sig 0,000 < 0,05) dan terdapat hubungan yang signifikan antara rasa tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media molymod (Sig 0,007 < 0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer sebesar 57,6% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan model PAKEM dengan media molymod sebesar 45,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.001 71 Sit i |
Keywords: | Hasil belajar kimia;pendidikan karakter;karakter tanggung jawab;Metode PAKEM; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11165 |