Lumban Batu, Vladilen V M (2013) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131082 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409131082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409131082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409131082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409131082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409131082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409131082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409131082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131082 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
409131082 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-Learning berbasis weblog dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di MAN 1 Medan T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan sebanyak 12 kelas yang memiliki jumlah siswa rata-rata 40 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposif sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan e-Learning berbasis weblog dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa e-Learning. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,75 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,47. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (5,7 > 1,6723) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan e-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa e-Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran e-Learning berbasis weblog dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa e-Learning berbasis weblog. Berdasarkan data pre-tes dan post-test diperoleh Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 75 % sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 47 %, sehingga diperoleh beda peningkatan hasil belajar kimia siswa antara kelas eksperimen I dan eksperimen II sebesar 28%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Lum p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia; Kooperatife tipe STAD; Pembelajaran E-Learning; Senyawa Organik |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11162 |