Hakim S., Abdul (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2). ISSN 2252-732X
Perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional pada materi pokok besaran dan satuan.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Besaran dan Satuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampilng seadanya yaitu ditentukan oleh kebijakan sekolah, kelas VII-B sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol 40 orang. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,00 dengan standar deviasi 16,00 dan kelas kontrol 39,00 dengan standar deviasi 12,00. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 76,0 dengan standar deviasi 11,00 dan pada kelas kontrol sebesar 64,0 dengan standar deviasi 15,00. Berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung = 6,649 sedangkan untuk ttabel = 1,998 sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan modell pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Besaran dan Satuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Model NHT; Model yang Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 03:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1116 |