Purba, Ertauli (2013) PENGEMBANGAN DAN EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PANGAJARAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131021 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409131021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409131021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409131021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409131021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409131021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409131021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409131021 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
409131021 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409131021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Pengembangan modul pembelajaran inovatif untuk pengajaran struktur atom sesuai dengan tuntutan KTSP dijelaskan dalam skripsi ini Penelitian dilakukan untuk mengembangkan dan menstandarisasi modul pembelajaran struktur atom dan untuk mengetahui efektivitas peningkatan hasil dan motivasi belajar kimia siswa Standarisasi modul pembelajaran diketahui dari pemberian angket tehadap dosen guru dan siswa Efektivitas modul pembelajaran dalam pengajaran struktur atom diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses pengajaran yang dilakukan sebanyak dua kali Motivasi belajar siswa diketahui dari pemberian angket di akhir proses pembelajaran Setelah melakukan uji coba modul struktur atom hasil penilaian dari tim ahli terhadap modul sangat baik tepatnya di kisaran 00 tepatnya pada 351 yang berarti modul valid tidak perlu revisi dan memenuhi standar sebagai media pembelajaran. Modul pembelajaran inovatif diintegrasikan dengan media Sistem Periodik Unsur untuk mempermudah penyampaian konsep modul Pembelajaran dengan modul sangat efektif untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postest siswa di kelas eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran inovatif dan kelas kontrol yang menggunakan buku teks kimia Nilai rata-rata postest 1 siswa pada kelompok tinggi di kelas eksperimen adalah 83 4 371 lebih tinggi dari kelas kontrol 82 33 3 144 dengan thitung ttabel yaitu 3 5641 1 319 Nilai rata-rata postest-1 siswa pada kelompok rendah di kelas eksperimen 76 66 7 466 lebih tinggi dari kelas kontrol 70 16 6 883 dengan thitung ttabel yaitu 3 5078 1 319 Persen peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen pada kelompok tinggi adalah 52,04% dan kelompok rendah adalah 61 87 Sedangkan di kelas kontrol pada kelompok tinggi adalah 48 97 dan kelompok rendah adalah 57 99 Nilai rata rata postest2 siswa pada kelompok tinggi di kelas eksperimen adalah 86 4 246 lebih tinggi dari kelas kontrol 76 6 90 dengan thitung ttabel yaitu 6 8823 1 319 Nilai rata rata postest 2 siswa pada kelompok rendah di kelas eksperimen 75 33 6 337 lebih tinggi dari kelas kontrol 65 83 7 529 dengan thitung ttabel yaitu 5 2983 1 319 Efektivitas modul peembelajaran struktur atom di kelas eksperimen pada kelompok tinggi adalah 100 19 dan kelompok rendah adalah 98 26 Sedangkan di kelas kontrol pada kelompok tinggi adalah 92 31 dan kelompok rendah adalah 93 82 Rata rata nilai motivasi siswa di kelas eksperimen pada kelompok tinggi adalah 78 80 dan kelompok rendah adalah 78 76 Sedangkan di kelas kontrol pada kelompok tinggi adalah 79 70 dan kelompok rendah adalah 78 98 Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa r2 0 240 r2 0 030 di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada pengajaran struktur atom
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 240 712 Pur p |
Keywords: | Model pembelajaran ; Ktsp ; Pembelajaran inovatif ; Metode pembelajaran ; Atom ; Isoton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11151 |