Maulidiyah, Sari (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131072 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409131072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409131072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409131072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409131072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409131072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
409131072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409131072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409131072 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
409131072 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409131072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media kartu kerja lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa menggunakan media kartu kerja pada materi hidrokarbon. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 80 orang siswa yang berada pada dua kelas. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media kartu kerja dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa menggunakan media kartu kerja. Untuk memperoleh data hasil belajar tersebut digunakan soal pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah valid dengan lima pilihan jawaban. Hasil yang diperoleh : nilai rata-rata pretest = 31 dan nilai rata-rata posttest = 85,75 pada kelas eksperimen I; sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai rata-rata pretest = 35,25 dan nilai rata-rata posttest = 77,75. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dipeoleh sebesar 7,82%. Dari hasil uji statistik t pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media kartu kerja dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa menggunakan media kartu kerja pada materi hidrokarbon. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji hipotesis pihak kanan dengan memakai data gain dari kedua kelompok sampel menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media kartu kerja berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Mau p |
Keywords: | hasil belajar kimia; pembelajaran kooperatif; kooperatif tipe NHT; media pembelajaran kartu kerja; atom karbon; alkana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11141 |