Gustina, Anggi (2013) PENGARUH PENGGUNAAN JURNAL HASIL PENELITIAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. GAMBAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal hasil penelitian dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XI pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Swasta Hang Tuah Belawan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Hang Tuah Belawan yang berjumlah 85 siswa dan sampel diambil secara random (acak) yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas Eksperimen yang siswanya berjumlah 28 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas Konvensional yang siswanya berjumlah 28 orang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 25 butir soal yang terlebih dahulu divalidasi.Berdasarkan hasil uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas konvensional dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas konvensional, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,57 sedangkan hasil belajar pada kelas konvensional adalah sebesar 69,42. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan (α = 0,05) dimana thitung > ttabel yaitu 3,34 > 2,006 yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan jurnal hasil penelitian dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XI pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Swasta Hang Tuah Belawan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Gus p |
Keywords: | hasil belajar; mengajar; jurnal; sistem reproduksi manusia; siklus menstruasi; fertilisasi; kehamilan; ASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11140 |