Kurniawan, Agung (2013) PEMBELAJARAN INQUIRY DAN RESITASI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN NURUL IMAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341001 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
409341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
409341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
409341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry dan resitasi pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA swasta yayasan pendidikan Nurul Iman kecamatan Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan di desain dengan dilakukannya pre-tes dan post-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Nurul Iman yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel yang diambil secara quota sampling. Dimana kelas XI IPA-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan metode pembelajaran resitasi dan kelas XI IPA-2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan metode pembelajaran inquiry. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Sebelum soal diberikan kepada siswa, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji realibilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal dengan rtabel = 0,291 dan taraf signifikan  = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperolehan skor rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode resitasi sebesar 80,778 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry sebesar 74,222. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t terlihat thitung = 2,346 sedang ttabel = 2,002 pada taraf signifikan  = 0,05, yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode inquiry dan resitasi pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA swasta yayasan pendidikan Nurul Iman kecamatan Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Kur p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kontekstual; metode inquiry; metode resitasi; sistem reproduksi pada laki- laki; spermatogenesis; organesis; siklus menstruasi; fertelisasi; ASI; alat kontrasepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11139 |