Sidabutar, Sartika (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN JURNAL ILMIAH SEBAGAI PENGAYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI JARINGAN TUBUH TUMBUHANDI KELAS XI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 20. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141086 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409141086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409141086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
409141086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
409141086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409141086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
409141086 BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
409141086 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409141086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpengajaran berdasarkan masalah Problem Based Instruction terhadap hasilbelajar siswa pada sub materi Jaringan Tubuh Tumbuhan di kelas XI IPA SMANegeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimendimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut SeiTuan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 156 orang Pengambilansampel secara random random sampling dan didapat dua kelas sebagai sampelyaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang berjumlah 72 orang Kelas XI IPA 1diajarkan dengan model PBI dengan jurnal ilmiah sebagai pengayaan dan XI IPA-2 dengan tanpa menggunakan model PBI dengan jurnal ilmiah sebagai pengayaanInstrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yangberjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre test dan post testRata-rata hasil belajar diperoleh dari selisih antara nilai post test dengannilai pre test Rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 35 11 lebihtinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 25 33 Sehingga terdapatperbedaan nilai sebesar 9 78 Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa datahasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaanvarians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkanthitung 2 990 dan ttabel 1 995 dengan dk=70 dan taraf signifikansi 0 05Berdasarkan kriteria Ho diterima jika t1 maka penelitian inimenolak Ho dan menerima Ha Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhpenggunaan model pengajaran berdasarkan masalah problem based instructiondengan jurnal ilmiah sebagai pengayaan terhadap hasil belajar siswa pada submateri Jaringan Tubuh Tumbuhan di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut SeiTuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581 420 712 /Sid/p |
Keywords: | Belajar ; Hasil belajar ; Jurnal hasil penelitian ; Jaringan tumbuhan ; Jaringan manistem ; Jaringan epidumis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11123 |