Anggraini, Fitri (2013) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 1 TANAH JAWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131024 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409131024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409131024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409131024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409131024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409131024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409131024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409131024 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
409131024 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409131024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yangdilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Kelarutan dan Hasil KaliKelarutan, mengetahui letak kesalahan dominan dan penyebab kesalahan yangdilakukan siswa di kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran2012/2013.Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa yangterdiri dari 3 kelas. Dimana dari 3 kelas diambil 1 kelas yang terdiri dari 39 orangsiswa sebagai sampel penelitian. Alat pengumpul data berupa 9 butir tes dalambentuk uraian dan wawancara.Dari analisis data yang diperoleh beberapa jenis kesalahan yang dilakukansiswa dalam menyelesaikan soal-soal Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Kesalahan dominan terletak pada aplikasi Ksp (21,38%). Selain itu juga terdapatbeberapa kesalahan, seperti kesalahan dalam operasi hitung (18,8%), tidak dapatmembuat penyelesaian soal (18,8%), hubungan konsep mol dengan persamaanKsp (11,11%), larutan jenuh (5,41%), pengendapan larutan (4,27%), konsep mol(1,33%) serta pengertian kelarutan (1,14%) dan pengertian Ksp (1,14%). Setelahdilakukan pemberian perlakuan berupa My ChemNote, kesalahan yang dominandilakukan siswa terletak pada tidak dapat membuat penyelesaian soal (26,5%).Kesalahan lain yang mengalami peningkatan antara lain, konsep mol (5,13%) danpengendapan larutan (8,55%). Kesalahan yang mengalami penurunan antara lain,hubungan konsep mol dengan persamaan Ksp (4,84%), pengertian kelarutan(0,57%), pengertian Ksp (3,42%), larutan jenuh (0%), aplikasi Ksp (0,29%) dankesalahan dalam operasi hitung (8,83%). Peningkatan persentase kesalahandominan disebabkan karena meningkatnya persentase kesalahan untukpengetahuan pra syarat untuk memahami konsep Kelarutan dan Hasil KaliKelarutan yaitu Konsep Mol sebesar 5,13%. Dengan meningkatnya persentasekesalahan pengetahuan pra syarat maka kemugkinan besar menyebabkanpersentase kesalahan yang lain juga meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Ang a |
Keywords: | Hasil belajar; Konsep kesulitan belajar; Masalah - masalah belajar; Upaya mengatasai; Pemahaman konsep; Kelarutan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11108 |