Nurhidayati (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PROGRAM ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131060 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409131060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
409131060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409131060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409131060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409131060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409131060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409131060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409131060 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
409131060 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409131060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan program Isis Draw terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Swasta Josua Medan yang terdiri dari 3 Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa dengan cara random sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara acak yang dilakukan oleh peneliti sehingga diperoleh yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan program Isis Draw dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 41±9,413 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 38,50±10,351. Setelah diberi perlakuan maka diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 81,83±8,963 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 66,3±7,648. Semua data pre-test dan post-test diuji normalitas dan hasilnya seluruh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas eksperimen adalah sebesar 76,86% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai gain kelas kontrol adalah sebesar 69%,sehingga penelitian memiliki kontribusi sebesar 5,86% di sekolah SMA Swasta Josua Medan. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak, sehingga diperoleh thitung > ttabel (2,323 > 1,659) sehingga Ha diterima. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan program Isis Draw ini berpengaruh terhadap aspek kognitif yaitu aspek kognitif pengetahuan (C1) sebesar 60%, aspek kognitif pemahaman (C2) sebesar 79,7 %, aspek kognitif penerapan (C3) sebesar 38,6 % dan aspek kognitif analisis (C4) sebesar 76,7%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan program Isis Draw pada pokok bahasan Hidrokarbon ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Nur p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Program isis draw; Pembelajaran konvensional; Senyawa hidrokarbon; Isomer. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11090 |