Nasution, Imam Ghozali (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI DAN METODE INKUIRI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341028 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
409341028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409341028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
409341028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7409341028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341028 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14409341028 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409341028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ekspositori dan metode inkuiri pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 105 orang. Metode Pengambilan sampel penelitian diambil secara cluster random sampling yakni kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Inkuiri dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Ekspositori. Jenis peneitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,3 dengan standar deviasi 6,27 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,0 dengan standar deviasi 6,41. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (1,51 < 1,997), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan metode pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,8 dengan standar deviasi 7,34 dan kelas kontrol 71,24 dengan standar deviasi 8,71. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,614 dan ttabel = 1,667 pada taraf α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (3,614 > 1,667) maka H diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori dan metode inkuiri pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Belajar; Metode; Ekspositori; Metode Inkuiri; Sistem Ekskresi Pada Manusia; Hati; Ginjal; Urine; Augmentasi; Kulit; Paru-paru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11076 |