BoangManalu, Rinaldi (2013) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI SITELU TALI URANG JEHE KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441032 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409441032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
409441032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409441032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409441032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409441032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409441032 BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409441032 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409441032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan dan seberapa besar kontribusi antara pemanfaatan sumber belajar (Learning Resource) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA Semester II SMA Negeri Sitelu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Barat Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA dengan sampel (sampel total) berjumlah 40 siswa SMA Negeri Sitelu Tali Urang Jehe dengan memberikan angket pemanfaatan sumber belajar dan tes hasil belajar. Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Reliabilitas tes diuji dengan KR yaitu 0,593 atau berada di level sedang. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik korelasi. Sebelumnya dilakukan uji normalitas, berdasarkan perhitungan, kedua variabel berdistribusi normal. Koefisien korelasi antara variabel pemanfaatan sumber belajar (Learning Resource) dengan variabel hasil belajar biologi adalah sebesar 0,78 sedangkan koefisien determinasinya 0,60. Data ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar (Learning Resource) yang tepat dan sesuai akan memberikan kontribusi sebesar 60 % terhadap hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian ini membuktikan dengan memanfaatkan sumber belajar yang tepat dapat menentukan dan memberikan sumbangan terhadap pencapaian hasil belajar bioloogi siswa sehingga terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan sumber belajar (Learning Resource) degan hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA SMA Negeri Sitelu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Man h |
Keywords: | Sumber Belajar; Hasil Belajar; Pemanfaatan; Jenis-jenis; Benda Material; Lingkungan; Narasumber; Alat dan Perlengkapannya; Aktivitas; Mass Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11060 |