Sinaga, Marini (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERIPOKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANGSIPANGAN BOLON TAHUN PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341031 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
409341031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409341031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409341031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409341031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409341031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409341031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409341031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409341031 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341031 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
409341031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajarBiologi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams GamesTournament (TGT) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materipokok Ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon TahunPembelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi padapenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Girsang SipanganBolon yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 275 orang. Teknikpengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample, sebanyak duakelas. Kelas X7 berjumlah 40 orang diajarkan dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan kelas X3 berjumlah40 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupainstrument tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yangdiberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelasTGT adalah 74,418 sedangkan rata-rata nilai postes untuk kelas NHT adalah79,163. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = -2,022 denganharga ttabel pada dk = (n1 + n2)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 107 12 /Sin /p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; TEAMS GAMES TOORNAMEN ; KOMPONEN EKOSISTIM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11051 |