Daulay, Khairunnisya (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141047 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409141047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409141047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
409141047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
409141047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409141047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409141047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409141047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409141047 BAB I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
409141047 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409141047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada materi pokok ekosistem, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran inkuiri pada materi pokok ekosistem, mengetahui aktivitas belajar selama proses pembelajaran, serta mengetahui apakah metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 MAN 3 Medan yang berjumlah 28 orang. Tekhnik pengumpulan data/ Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, wawancara, dan observasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dari tes hasil belajar I diperoleh sebanyak 17 siswa (60,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (39,29%)) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada tes hasil belajar II diperoleh sebanyak 26 orang (92,85%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 2 orang (7,15%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari siklus I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 32,14%. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,8 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri sangat baik. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan semakin tertarik untuk belajar biologi, khususnya materi pokok ekosistem. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa MAN 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Dau u |
Keywords: | Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Metode Inkuiri; Ekosistem; Penyusunan Ekosistem; Suksesi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11043 |