Utami, Nisa Rizki (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409331038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
409331038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
409331038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
409331038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409331038DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409331038DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409331038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409331038 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
409331038 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409331038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media microsoft office powerpoint terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa anorganik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen. Alat pengumpul data hasil belajar digunakan test objektif berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan realibilitasnya dengan nilai r sebesar 0,82. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 75 % lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 69 %. Rerata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 84,333±6,121, sedangkan rerata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 35,333±8,087. Hasil uji t satu pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (3,737 > 1,672) sehingga Ha diterima. Ini berarti hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Hasil perhitungan keaktifan siswa di kelas eksperimen menunjukkan bahwa rerata persentase skor keaktifan siswa sebesar 77,604 %. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media microsoft office powerpoint dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dari perhitungan korelasi (hubungan keaktifan dengan peningkatan hasil belajar) menunjukkan korelasi positif. Diperoleh rhitung = 0,374, sedangkan rtabel pada α = 0,05 (N = 30) adalah 0,361. Karena r hitung > r tabel maka ada hubungan antara keaktifan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media microsoft office powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546 071 / Uta / p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; KEAKTIPAN ; MODEL PEMBELAJARAN ; TIPE MAKE A MATEH ; MICOSOF OFFICE POWN POINT ; SEJARA KIMIA ; BINU ;ASAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11029 |