Hasibuan, Ulfa Nida (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111084 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
409111084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409111084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
409111084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409111084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409111084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409111084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409111084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409111084 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
409111084 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409111084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Number Haed Together(NHT) dan siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di kelas VIII SMPN 5 Binjai.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Binjai T.A.2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu 30 orang siswa dikelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen A dengan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan 30 orang pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen B dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes berbentuk tes objektif (pilihan berganda) dengan empat option jawaban yang diantaranya terdapat satu jawaban yang benar dengan penskoran benar diberi skor 1 dan penskoran salah diberi skor 0. Dari 25 soal yang divalidkan ada 22 soal yang valid. Dari 22 soal tersebut diambil 20 soal yang digunakan sebagai instrument penelitian. Hipotestis penelitian ini dianalisis dengan uji t. Sebelum teknik analisis uji t digunakan terlebih dahulu uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas diuji dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas diuji dengan uji Burlett. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rataratapretes untuk kelas eksperimen A sebesar 40,83 dan standar deviasi 10,99. Sedangkan untuk kelas eksperimen B rata-rata pretes yang diperoleh sebesar40,67 dan standar deviasi 10,40 . Rata-rata postest untuk kelas eksperimen Asebesar 81,17 dan standar deviasi 10,99. Sedangkan untuk kelas eksperimen Bdiperoleh rata-rata postes 74,83 dan standar deviasi 11,48. Hasil pengujianhipotesis pada data postes diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,244 > 2,0021 sekaligus menyatakan terima Ha pada taraf   0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa secara umum ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Has p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe NHT; TPS; Materi Aljabar; Operasi Hitung Bentuk Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11005 |