Lubis, Mia Andryani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331035 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409331035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
409331035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
409331035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
409331035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409331035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409331035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409331035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409331035 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
409331035 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409331035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Group Investigation menggunakan media kartu kata. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 Medan. Sampel penelitian kelas eksperimen I berjumlah 32 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media kartu kata, sedangkan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu kata. Instrumen tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 20 soal. Data yang diperoleh, rata-rata nilai pretes kelas eksperimen I sebesar 31,093 dan rata-rata nilai postes sebesar 82,656. Rata-rata nilai pretes kelas eksperimen II adalah 33,593 dan rata-rata nilai postes adalah 77,343. Rata-rata gain kelas eksperimen I adalah 0,739 dan rata-rata gain kelas eksperimen II adalah 0,656. Hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 3,192 dan ttabel pada dk = 62 taraf nyata = 0,025 adalah 1,999. Diperoleh thitung > ttabel (3,192 > 1,999), maka Ha diterima berarti ada perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Group Investigation menggunakan media kartu kata. Analisis data hasil belajar diperoleh persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 73,9% dan kelas eksperimen II sebesar 65,6%. Maka berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 15 Medan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media kartu kata dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Lub p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS; Pembelajaran Kooperatif Tipe GI; Struktur Atom; Model Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10975 |