Sasmi, Weni Tri (2014) PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331056 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
409331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
409331056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
409331056 BAB I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
409331056 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Two Stay Two Stray serta untuk mengetahui hubungan antara aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII SMK Tamansiswa Kisaran, yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara sampling jenuh (sensus). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi aktivitas. Dari hasil perhitungan uji hipotesis pada dk 38 taraf nyata 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis 1 (Ho diterima) yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipeMake a Match dibandingkan dengan yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, thitung˂ttabel (0,406˂2,026). Hipotesis 2 (Ha diterima) yang berarti terdapat perbedaan aktivias yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, thitung˂ttabel (2,408˃2,026). Dari hasil perhitungan aktivitas dengan uji korelasi, hipotesis 3 kelas eksperimen I (Make a Match) rhitung˂rtabel (0,208˂0,444) Ho diterima sehingga tidak terdapat hubungan antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I. Dan hipotesis 4 kelas eksperimen II (Two Stay Two Stray) rhitung˂rtabel (0,305˂0,444) Ho diterima yang artinya tidak terdapat hubungan antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II. Analisis data hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh dari persen peningkatan kelas eksperimen I sebesar 68 % dan kelas eksperimen II sebesar 69,9 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Jenis jenis Belajar; Faktor-faktor; Model Pembelajaran Kooperatif; Keaktifan Belajar; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10961 |