Andriani, Devi (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411006 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
409411006 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409411006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409411006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409411006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409411006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
409411006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409411006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409411006 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
409411006 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409411006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
409411006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari satu kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing . Soal tes hasil belajar siswa berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Dari hasil tes awal di kelas VII diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 17,5% dengan rata-rata 37,75, dan pada siklus I terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70% dengan nilai rata-rata 65,87 selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5% dengan rata-rata 78,13. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa yakni pada siklus 1 diperoleh 28 siswa (70%) yang mengalami peningkatan hasil belajar, diperoleh 12 siswa (30%) yang lain mengalami penilaian yang tetap. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 35 siswa (87,5%) yang mengalami peningkatan hasil belajar, 5 siswa (12,5%) yang mengalami penilaian tetap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan T.A 2013/2014 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 And u |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe Snowball Throwing; Aljabar; Konstanta; Operasi Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10955 |