Lumban Gaol, Rita Ria (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP PENCAWAN MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311042 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
408311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
408311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
408311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
408311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Pencawan Medan melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Pencawan Medan yang berjumlah 25 orang.Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 3 soal.Tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 10 orang siswa (53.33%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedangatau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 55,30. Pada siklus II diperoleh 23 orang siswa (92%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 79,70. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 13orang siswa (52%). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori sedang. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategoribaik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Pencawan Medansehingga pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Lum u |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Model Pembelajaran; Langkah-langkah; Bilangan Pecahan; Bentuk-bentuk; Operasi Bilangan Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10951 |