Rozi, S. Fachrul (2014) PENGARUH LATAR BELAKANG PENGETAHUAN KOGNITIF DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331014 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409331014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409331014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
409331014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
409331014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
409331014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409331014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409331014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
409331014 BAB 1.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409331014 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409331014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Interaksi Hasil Belajar Kimia Siswa yang Menggunakan Model pembelajaran NHT dan STAD di SMA Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan rancangan Faktorial 2 x 2, artinya ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor kemampuan awal (A) dan Faktor Pembelajaran (B) . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Silangkitang T.P. 2013/2014 yang berjumlah 40 siswa dan terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan pertimbangan bahwa karakteristik kelas yang menjadi populasi hampir sama. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 17 item dengan lima option, yang telah di validkan oleh mahasiswa kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anava.Dari analisa data hasil penelitian diperoleh Penggunaan model mengajar NHT yang dikombinasikan dengan tes kemampuan Awal Rendah memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang paling tinggi yaitu sebesar 39,5 ± 9,14. Sebaliknya, penggunaan model mengajar NHT yang dikombinasikan dengan penerapan tes kemampauan Tinggi, memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang paling rendah yaitu sebesar 34 ± 8,41. Penggunaan metode mengajar STAD yang dikombinasikan dengan tes kemampuan Awal Rendah memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang paling tinggi yaitu sebesar 41,5 ± 12,7. Sebaliknya, penggunaan metode mengajar STAD yang dikombinasikan dengan penerapan tes kemampauan Tinggi, memberikan rataan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang paling rendah yaitu sebesar 34 ± 8,41.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Roz p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Kooperatif Tipe NHT; Kooperatif Tipe STAD; Kognitif; Entry Behavior; Ikatan Kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10946 |