Wulandari, Eva (2014) PERBANDINGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN KARTU ARISAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KECAKAPAN BEKERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131022 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409131022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409131022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409131022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
409131022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
409131022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409131022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409131022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409131022 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
409131022 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409131022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media ular tangga dan media kartu arisan, (2) Apakah ada korelasi positif yang signifikan antara kecakapan bekerjasama siswa terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Harapan Mekar Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 28 siswa dan diambil secara acak (random sampling). Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi karakter kecakapan bekerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media ular tangga memberikan hasil belajar sebesar 75,71 ± 9,59 dan peningkatan hasil belajarnya sebesar 69%, sedangkan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media kartu arisan sebesar 82,32 ± 8,44 dan peningkatan hasil belajarnya sebesar 76%. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 menggunakan uji-t dua pihak dimana thitung > ttabel (2,738 > 2,011), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi data pada kelas eksperimen I dan eksperimen II, diperoleh data rhitung > rtabel, yang berarti tolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media ular tangga dan kartu arisan. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan media ular tangga dan kartu arisan pada materi struktur atom diperoleh sebesar 7%. (2) Ada korelasi positif yang signifikan antara kecakapan bekerjasama siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media ular tangga dan kartu arisan. Adapun besarnya kontribusi kecakapan bekerjasama terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen I adalah sebesar 15% dan pada kelas eksperimen II sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Wul p |
Keywords: | Belajar Kimia; Pendidikan Karakter; Kecakapan Bekerjasama; Kooperatif; Media Ular Tangga; Struktur Atom |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10934 |