PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN IKATAN KIMIA

Simatupang, Deliwanti (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409331008 COVER.pdf]
Preview
Text
409331008 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409331008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409331008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409331008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409331008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409331008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 BAB I.pdf]
Preview
Text
409331008 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 BAB V.pdf]
Preview
Text
409331008 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 409331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan media lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajara Jigsaw dengan menggunakan media sedang kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 17 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Dari pengolahan data diperoleh rata-rata peningkatan (gain) hasil belajar kimia di SMA N 3 Tebing Tinggi Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan media sebesar 69 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 32,65 ± 7,62 dan kelas kontrol sebesar 65 % dengan rata-rata 30,87 ± 7,65 perbedaan peningkatan antara kedua kelas sebesar 4%. SMA Yapim Serdang bedagai kelas eksperimen sebesar 69 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 30,89 ± 7,09 dan kelas kontrol 66 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 30,75 ± 7,89 65 perbedaan peningkatan antara kedua kelas sebesar 3%. Sedangkan SMA Surya Nusantara Tebing Tinggi kelas eksperimen sebesar 71 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,6 ± 3,92 dan kelas kontrol 64 % dengan rata-rata hasil belajar siswa 31,5 ± 7,62 65 perbedaan peningkatan antara kedua kelas sebesar 7%. Hasil pengujian hipotesis, pada ketiga sekolah tempat penelitian berlangsung, Ha diterima yang berarti bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.224 071 Sim p
Keywords: Pembelajaran Kimia; Belajar Mengajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Media Pembelajaran; Ikatan Kimia; Ikatan Ion
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Nov 2016 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item
View Item