PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER (CYBERLINK POWER DIRECTOR)DENGAN ALAT PERAGA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Wulandari, Chardiana (2013) PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER (CYBERLINK POWER DIRECTOR)DENGAN ALAT PERAGA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409311008 C0VER.pdf]
Preview
Text
409311008 C0VER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409311008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409311008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409311008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409311008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409311008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 BAB I.pdf]
Preview
Text
409311008 BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 BAB V.pdf]
Preview
Text
409311008 BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 409311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat dan penalaransiswa yang diajar dengan menggunakan media komputer (Cyberlink Powerdirector) lebih baik daripada minat dan penalaran siswa yang diajar dengan alat peraga pada materi pecahan di kelas VII SMP Panca Budi Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Panca Budi Medan yang terdiri dari 8 kelas. Kemudian dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran menggunakan media komputer (Cyberlink Powerdirector) dan kelas VII5sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan instrumen untuk minat berupa tes minat yang disusun dalam model skala likert yang telah valid dengan reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,89 dengan jumlah item sebanyak 21 butir, untuk penalaran berupa pretes dan postes berbentuk essay yang telah valid dengan reliabilitas pretes tinggi yaitu 0,61 dan reliabilitas postes sedang yaitu 0,54 dengan jumlah item 5 soal. Pada kelas ekpsrimen I diperoleh nilai rata-rata pre-test minat 2,232 dan pos-test minat 2,76 serta nilai rata-rata pre-test penalaran 27,2 dan pos-testpenalaran 80,86. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest minat 2,171 dan pos-test minat 2,437 serta nilai rata-rata pre-test penalaran 27,6 dan pos-test penalaran 74,2. Dari hasil analisis data pre-test dan pos-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu untuk pre-test minat 0,1034 < 0,161, pos-test minat 0,1594 < 0,161 dan untuk pre-test penalaran 0,1580 < 0,161, postest penalaran 0,1279 < 0,161. Sedangkan kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu untuk pre-test minat 0,0776 < 0,161, pos-test minat 0,1027 < 0,161 dan untuk pre-test penalaran 0,1588 < 0,161, pos-test penalaran 0,1373 < 0,161. Sehingga dapat disimpulkan data pre-test dan pos-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test dan pos-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu untuk minat, pre-test 1,595< 1,86 dan pos-test 1,66 <1,86, untuk penalaran, pre-test 1,115< 1,86 dan pos-test 1,288 < 1,86. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu untuk minat 4,227 > 1,67155 dan untuk penalaran 2,011 > 1,67155. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa minat dan penalaran siswa yang diajarmenggunakan media komputer (Cyberlink Powerdirector) lebih baik daripadaminat dan penalaran siswa yang diajar menggunakan alat peraga pada materipecahan di kelas VII SMP Panca Budi T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.260 71 Wul p
Keywords: Minat Belajar; Penalaran; Kemampuan Penalaran; Media Pembelajaran; Cyberlink Power Director; Alat Peraga; Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item
View Item