Purba, Hestifa Adelina (2013) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBERI DAN TANPA DIBERI TUGAS TEKNIK PETA PIKIRAN PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141034 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409141034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409141034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409141034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
409141034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409141034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141034 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
409141034 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409141034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diberikan tugas dengan teknik peta pikiran dengan yang tidak diberi teknik peta pikiran pada materi Sistem Saraf pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Santo Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Santo Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 82 orang. Sampel penelitian diambil secara total sampling dengan jumlah siswa sebanyak 82 orang dengan perincian kelas XI IPA 1 sebanyak 41 orang dan kelas XI IPA 2 sebanyak 41 orang. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan tugas dengan menggunakan teknik peta pikiran sebesar 72 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa diberi tugas tanpa menggunakan teknik peta pikiran sebesar 55,8. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thit> ttab (7,63 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Berdasarkan hasil perhitungan skor motivasi belajar siswa diperoleh nilai persentase motivasi belajar siswa secara klasikal untuk kelas eksperimen sebesar 76,37% dan untuk kelas kontrol 58,77%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thit> ttab (16,83> 1,99), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang diberi tugas dengan menggunakan teknik peta pikiran lebih tinggi dari motivasi dan hasil belajar siswa yang diberi tugas tanpa menggunakan teknik peta pikiran pada materi Sistem Saraf pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Santo Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.850 712 Pur p |
Keywords: | Hakikat Belajar; Pembelajaran; Hakikat Motivasi; Mind Map; Peta Pikiran; Materi Pelajaran; Kreatifitas Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10887 |