Nawawi S., Ahmad (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244220141 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
061244220141 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
061244220141 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
061244220141 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
061244220141DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
061244220141DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
061244220141 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
061244220141 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
061244220141 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
061244220141 BAB V.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
061244220141 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think-pair-share) dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok hukum Newton di kelas X SMA Swasta Josua Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas.Yang menjadisampel penelitian ada 2 kelas yang diambil secara random sampling. Pada kelas X2 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pada kelas X1 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah berupa tes objektif yang berjumlah 20 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 option dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelaseksperimen 42,69 dengan simpangan baku 7,93 dan nilai rata-rata pretes kelaskontrol 42,05 dengan simpangan baku 7,76. Hasil uji hipotesis pada pretesdiperoleh bahwa nilai kedua kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikanartinya, kedua kelas memiliki kemampuan yang sama. Setelah diberi perlakuanberbeda pada kedua kelas tersebut diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 59,61 dengan simpangan baku 11,17 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 51,79 dengan simpangan baku 10,29. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan a = 0,05 untuk data postes pada kedua kelas diperoleh bahwa thitung > t tabel = 3,0207 > 1,9973, maka hipotesis akhir (Ha) diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tps(think-pair-share) dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok hukum newton sma swasta josua medan tahun pelajaran 2011-2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Naw p |
Keywords: | Hasil Belajar; Taksonomi Bloom; Metode Ceramah; Pembelajaran Kooperatif; Metode Tanya Jawab; Resitasi; Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10852 |