Situmorang, Benyamin (2012) PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SEBAGAI STRATEGI PENCAPAIAN STANDAR MUTU LULUSAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 18 (67). pp. 59-65. ISSN 0852-2715
Cover,FullText.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan yang sistematis, praktis dan strategis dalam menyelenggarakan suatu organisasi, yang mengutamakan kepentingan pelanggan. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu. Jadi, TQM adalah sistem pengemdalian mutu yang didasarkan pada filosofi bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya adalah yang utama dalam setiap usaha. Perguruan tinggi memiliki 5 dimensi standar mutu, yaitu : (1) dimensi etis; (2) dimensi keilmuan; (3) dimensi pendidikan; (4) dimensi sosial; dan (5) dimensi korporasi. Standar mutu perguruan tinggi dilihat dari dimensi tersebut adalah harus mengarah kepada kepuasan pelanggan (stake holder). Kepuasan pelanggan akan menjamin keberlanjutan sebuah perguruan tinggi. Meskipun demikian standar mutu harus dilihat dari sisi internal dan eksternal. Perencanaan strategis untuk kualitas ialah perencanaan berjangka panjang berdasakan visi, misi dan prinsip kelembagaan, yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan baik masa kini maupun masa yang akan datang. Perencanaan jangka panjang secara konseptual sudah tentu juga mencakup perencanaan jangka menengah dan pendek. Perencanaan strategis memungkinkan penentuan prioritas jangka panjang dan langkah-langkah sistematis untuk meningkatkan kualitas secara rasional.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Mutu; Strategi; Lulusan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 02 Apr 2016 07:11 |
Last Modified: | 02 Apr 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1082 |