Balqis, Fauziah (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP DENGAN METODE KUIS KELOMPOK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER 2 SMP SWASTA PEMBANGUNAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341022 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409341022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
409341022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409341022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409341022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409341022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409341022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409341022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
409341022 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
409341022 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
409341022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar menggunakan metode Peta Konsep dan metode Kuis Kelompok padamateri pokok Ekosistem Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest and postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan yang berjumlah empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas VII-3 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode peta konsep dan kelas VII-4 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode kuis kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas yang menggunakan metode Kuis Kelompok lebih tinggi yakni 78,63 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode Peta Konsep yakni 73. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < -ttabel atau -2,27 < -1,99 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Concept Mapping dan Team Quiz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Bal p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Peta Konsep; Kuis Kelompok; Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10814 |