Siburian, Paningkat (2010) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI SMK. Majalah Ilmiah Bina Teknik, 10 (03). pp. 60-64. ISSN 0564-185X
Fulltext.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kepemimpinan pendidikan adalah proses mempengaruhi, menggerakkan, memotivasi, dan mengarahkan orang-orang yang ada dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Sesuai dengan hakikatnya, kepemimpinan merupakan komponen terpenting dalam sebuah organisasi, karena kepemimpinan yang efektif membuat organisasi efektif, dan sebaliknya kepemimpinan yang kurang efektif membuatorganisasi gagal mewujudkan visi, misi, dan tujuan organisasi. Kepemimpinan efektif merupakan suatu bentuk kepemimpinan yang menekankan pencapaian prestasi akademik dan non akademik, yang mana kepala sekolah sebagai pemimpin selalu berkonsentrasi untuk menggerakkan sumber daya manusia sebagai faktor potensial bagi pencapaian tujuan sekolah. Ada tiga dimensi kepemimpinan pendidikan kejuruan yaitu : (1) dimensi manusia; (2) dimensi tugas; dan (3) dimensi lingkungan. Keberhasilan SMK sebagai organisasi sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah sebagai orang kunci dalam merencanakan, mengarahkan, mengorganisasikan, dan mengendalikan semua sumber daya sekolah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Melalui kepemimpinan kepala sekolah dapat dibangun sikap, motivasi, pengetahuan, dan komitmen bawahannya guna mengubah perilaku individu menjadi perilaku organisasi, karena keefektifan organisasi tergantung pada perilaku organisasi. Kepemimpinan yang efektif dapat menjelma potensi ke dalam kenyataan dan mengubah orang-orang yang sama-sama bekerja menjadi sebuah tim kerja sama. Jadi, kepemimpinan kepala SMK efektif dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menjadikan sekolah efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala sekolah; Sumber daya manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 09:23 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1080 |