Ermawati (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321018 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409321018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409321018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
409321018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409321018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409321018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409321018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409321018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321018 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
409321018 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409321018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-3 dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas VIII-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil yang diperoleh sebelum memulai pembelajaran dengan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 39,84 dengan standar deviasi 7,98 dan kelas kontrol sebesar 39,22 dengan standar deviasi 8,62. Pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1483 dan Ltabel = 0,1566, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1254 dan Ltabel = 0,1566 sehingga Lhitung < Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung =1,17 dan Ftabel = 1,82 sehingga Fhitung < Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran dengan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 70,47 dengan standar deviasi 10,50 dan kelas kontrol sebesar 51,72 dengan standar deviasi 11,61. Rata-rata aktivitas kelas keseluruhan siswa adalah 69,72 dan termasuk kategori cukup aktif. Perhitungan data dengan menggunakan uji t, thitung = 6,77 dan ttabel = 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel yang artinya Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Erm p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Materi Cahaya; Cermin; Pembiasan Cahaya; Lensa; Model Penemuan Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10779 |