Ompusunggu, Tetty (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121084 COVER.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
409121084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
409121084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409121084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409121084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121084 BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
409121084 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
409121084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswaakibat pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, serta untukmengetahui aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas XSemester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Control Group Pretest Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu Kelas X1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas Eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 32,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 31,08. Data kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung < ttabel (0,404 < 2,000). Setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,08 dengan standar deviasi 9,05 dan kelas kontrol 63,65 dengan standar deviasi 8,22. Rataratanilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 70,00 termasuk kategoriaktif. Hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung = 4,173 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (4,173 >1,669) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa Ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan T. P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Omp p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Hukum Kirch Off; Daya Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10765 |