Efriandi, Novi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244220106 cover skripsi.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
061244220106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
061244220106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
061244220106 Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
061244220106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
061244220106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244220106 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244220106 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
061244220106 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
061244220106 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
061244220106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran denganmenggunakan pembelajaran berdasarkan masalah di kelas VIII semester II SMPPAB 2 Helvetia Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas.Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas yang ditentukan dengan teknik clauster random sampling. Pada kelas VIII4 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan pada kelas VIII2 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah berupa tes yang berjumlah 20 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 option dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,38 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,79. Hasil uji hipotesis pada pretes diperoleh bahwa nilai kedua kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikan artinya, kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen tersebut diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama 70 % (kategori cukup), pada pertemuan kedua 80% (kategori baik) dan pertemuan ketiga 85% (kategori sangat baik). Artinya terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama sampai ketiga dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 71,28 dengan standar deviasi 10,86. Sementara itu, nilai rata-rata postes kelas kontrol 64,74 dengan standar deviasi10,32. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan  = 0,05 untuk datapostes pada kedua kelas diperoleh bahwa thitung = 2,222 > t tabel = 1,663, makahipotesis akhir (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakanpembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP PAB 2 Helvetia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Efr p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Tekanan; Zat Padat; Zat Cair; Tekanan Udara |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10764 |