Wirdani, Vira (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPATDI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111085 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409111085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
409111085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409111085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409111085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409111085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409111085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409111085 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409111085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409111085 BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
409111085 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409111085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 40 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 37 orang siswa (13,5%) dengan rata-rata kelas 46,5. Hasil analisis data pada silus I setelah dilakukan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 31 orang siswa (77,5%) dengan rata-rata kelas 73,9. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 36 orang siswa (90%) dengan rata-rata 78,5. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Sedangkan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan pembelajaran guru pada siklus I dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,85 dan pada siklus II dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,18.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan matematika realistik, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat, begitu juga dengan pengelolaan pembelajaran tersebut. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan model pembelajaran matematika realistik sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Wir u |
Keywords: | matematika; pemecahan masalah; matematika realistik; bangun datar; segi empat; persegi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10760 |