Nasution, Zakaria (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 014688 SIDOMUKTI KISARAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311060 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408311060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
408311060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408311060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408311060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408311060 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
408311060 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
408311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
408311060 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan SAVI pada materi Pecahan di kelas IV SD Negeri 014688 Sidomukti Kisaran dan bagaimana cara menerapkan Pendekatan SAVI yang diterapkan di SD Negeri 014688 Sidomukti Kisaran T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas IV SD Negeri Sidomukti Kisaran dan objek penelitian ini adalah Pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, wawancara dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui atau mengukur hasil belajar siswa setelah diterapkan model Pendekatan SAVI dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model Pendekatan SAVI diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Dari hasil observasi aktivitas siswa dengan menerapkan Pendekatan SAVI aktivitas siswa pada siklus I masih dalam kategori kurang aktif dengan persentase aktivitas siswa 50,18%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus II dengan pembelajaran yang sama aktivitas siswa sudah dalam kategori aktif dengan rata-rata aktivitas siswa 76,33%.Ini berarti terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dari hasil tes belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan SAVI hasil belajar siswa pada siklus I masih dalam kategori rendah dengan rata-rata nilai 68,18, hasil tes belajar pada siklus II sudah dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai 82,36. Berdasarkan kriteria persentase ketuntasan belajar siswa maka hasil pembelajaran ini telah mencapai target yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 014688 Sidomukti Kisaran T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Nas p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; belajar matematika; konsep pecahan; pengurangan pecahan; SAVI; belajar somatik; belajar auditori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10757 |