Perangin- angin, Charlely Tesi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111016 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
409111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409111016 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
409111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada bentuk pangkat dan akar di kelas X SMA negeri 2 Kabanjahe T.A. 2013/2014.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A. 2013/2014 yang berjumlah 32 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bentuk pangkat dan akar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dalam pelaksanaan siklus I, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok asal secara heterogen berdasarkan tes awal. Kelompok tersebut terdiri dari 2 (berpasangan). Sedangkan pada pelaksanaan siklus II, kelompok asal dibentuk berdasarkan hasil THB I dimana setiap kelompok terdiri dari 2 orang (berpasangan) .Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa berada pada kategori peningkatan sedang dimana meningkat sebesar 25% dari 56,24% di siklus I menjadi 81,24% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang termasuk pada kategori peningkatan sedang, peningkatan ini dilihat dari adanya penambahan jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar yaitu 8 orang, dari 20 orang di siklus I menjadi 28 orang di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 9 dari 62,84 di siklus I menjadi 71,84 di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dengan kategori sedang pada aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Per p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; pembelajaran koopertaif; Think Pair Share; bentuk pangkat; bentuk akar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10755 |