Prayogo, Imam (2013) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN MAKE A MATCH DI KELAS VII SMP SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411017 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409411017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409411017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409411017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409411017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409411017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409411017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409411017 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409411017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409411017 BAB I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
409411017 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409411017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Satria Dharma Perbaungan tahun ajaran 2012/ 20113. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIIA sebanyak 35 orang dan kelas VIIB sebanyak 35 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas siswa. Sebelum tes dan lembar observasi ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan yakni di SMP Swasta Budisatrya Medan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Sedangkan lembar observasi aktivitas diujicobakan kepada Dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan dan 2 orang guru Matematika.Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,483 dan ttabel = 1,9973. Sehingga diperoleh thitung tidak berada diantara , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013. Begitu juga dengan analisa data aktivitas siswa diperoleh nilai thitung = 3,015 dan ttabel = 1,9973. Sehingga diperoleh thitung tidak berada diantara , maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Pra p |
Keywords: | aljabar; STAD; pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10744 |