Pane, Suprianto (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERES HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA SWASTA DHARMA BAKTI KAB. LANGKAT T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111081 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409111081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409111081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409111081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409111081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409111081 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409111081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409111081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409111081 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
409111081 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409111081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dikembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A.2012/2013 serta mengetahui efektivitas pengembangan model pembelajaran tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013 yang berjumlah 44 orang dan objek dalampenelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga dengan mmengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan Tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama masih digunakan model pembelajaran NHT sesuai teori yang dikemukakan oleh Trianto (sebelum dikembangkan). Pertemuan kedua, ketiga dan keempat menggunakan model pembelajaran NHT yang telah dikembangkan. Untuk melihat efektivitas pengembangan ini maka dilakukan observasi terhadap pembelajaran di setiap pertemuan dan diberikan Tes Hasil Belajar berbentuk essay setelah pertemuan kedua dan keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dikembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sehingga pengembangan pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran yangdapat diajukan dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang telah dikembangkan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta memaksimalkan pembelajaran dan diharapkan dapat lebih krreatif dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Pan p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Pembelajaran Kooperatif; Materi Pembelajaran; Hasil Belajar; Numbered Head Together; Bangun Ruang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10738 |