Sipahutar, Yunita (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TOPIK OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DIKELAS IV SD NEGRI 118156 KARANG ANYAR LABUHAN BATU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311058 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
408311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408311058 abstrak.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
408311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408311058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408311058 BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
408311058 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408311058 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dan prestasi belajar siswa dibidang matematika pada topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat , siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, pemilihan strategi dan metode yang kurang efektif dalam pembelajaran matematika yang meminimalkan keterlibatan siswa sehingga berpengaruh pada lemahnya pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar Labuhan Batu yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Penerpan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam mengatasi berminatnya dan meningkatkan pemahaman konsep matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa diperoleh 57,76 dengan ketuntasan 40%, setelah pemberia tindakan dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 64,96 dengan ketuntasan 60 %. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,6 dengan ketuntasan 88 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik, terjadi pembelajaran yang efektif dan meningkatnya hasil belajar siswa khususnya topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.720 71 Sip p |
Keywords: | hasil belajar; kesulitan belajar; matematika realistik; efektifitas pembelajaran; matematisasi progresif; interaktivitas; kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10722 |