Simbolon, Antonius KAP (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408311002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408311002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
408311002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
408311002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
408311002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408311002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408311002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408311002 BAB I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
408311002 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
408311002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan bulat dan untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 2 Tanjung Morawa yang berjumlah 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat kelas VII-I SMP Negeri 2 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang dilakukan sebanyak dua kali, observasi dan wawancara.Berdasarkan dari analisis data tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah pada siklus I adalah sedang dengan skor rata-rata kelas 71,58 dengan 27 siswa (75%) dari seluruh siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan skor rata-rata kelas 82,47 dengan 35 siswa (97,22%) dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas peneliti telah tuntas dalam belajar, terdapat ≥ 80% siswa yang memilliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 3,25, kegiatan inti 3,37 dan kegiatan akhir 3,25 pengelolahan pemebelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori cukup baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan, sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika khususnya materi bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sim u |
Keywords: | belajar; matematika; realistik; bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10716 |